Surat Izin Tidak Masuk Sekolah SD

Pengertian Surat Izin Tidak Masuk Sekolah SD



Surat izin tidak masuk sekolah SD adalah surat yang digunakan oleh orangtua atau wali murid untuk memberikan pemberitahuan kepada pihak sekolah bahwa anak mereka tidak dapat hadir ke sekolah dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Surat ini biasanya diberikan oleh orangtua atau wali murid ketika anak sakit atau ada keperluan yang mendesak.


Alasan Pentingnya Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah SD



Membuat surat izin tidak masuk sekolah SD sangat penting karena dapat memberi tahu pihak sekolah bahwa anak tidak dapat hadir ke sekolah dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Dengan adanya surat ini, pihak sekolah akan mengetahui bahwa anak tersebut tidak absen tanpa alasan yang jelas.


Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah SD



Untuk membuat surat izin tidak masuk sekolah SD, orangtua atau wali murid harus mencantumkan nama anak, kelas, alasan tidak hadir ke sekolah, serta jangka waktu tidak hadir ke sekolah. Selain itu, surat ini juga harus ditandatangani oleh orangtua atau wali murid dan dilengkapi dengan stempel sekolah atau cap resmi.


Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah SD



Berikut adalah contoh surat izin tidak masuk sekolah SD:
Kepada Yth. Kepala Sekolah

SD Negeri 01 Surabaya



Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, orangtua dari:



Nama : Ahmad

Kelas : 3B



Dalam hal ini mengajukan permohonan izin tidak masuk sekolah selama 3 hari, yaitu pada tanggal 10-12 Mei 2023. Hal ini disebabkan karena anak saya mengalami demam tinggi dan harus istirahat di rumah. Dengan surat ini, saya berharap pihak sekolah dapat memperhatikan hal ini dan memaklumi ketidakhadiran anak saya.



Demikian surat izin tidak masuk sekolah ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan saya sampaikan kepada pihak sekolah. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.



Hormat saya,



(Orangtua / Wali Murid)

Tanda Tangan


Kesimpulan



Surat izin tidak masuk sekolah SD sangat penting untuk memberikan pemberitahuan kepada pihak sekolah bahwa anak tidak dapat hadir ke sekolah dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Dalam membuat surat ini, orangtua atau wali murid harus mencantumkan nama anak, kelas, alasan tidak hadir ke sekolah, serta jangka waktu tidak hadir ke sekolah. Selain itu, surat ini juga harus ditandatangani oleh orangtua atau wali murid dan dilengkapi dengan stempel sekolah atau cap resmi. Dengan adanya surat izin tidak masuk sekolah, pihak sekolah dapat memperhatikan ketidakhadiran anak dan mengetahui alasan ketidakhadirannya.

close